Kita tau bahwa Keberhasilan di suatu
oraganisasi atau instansi di tentukan oleh dua factor, yakni factor sumberdaya
manusia ( karyawan atau pegawai ) dan sarana –prasarana .
Masih ingin tau,,,!!!
Lanjut kebawah…. Kita akan membahas masalah sumber daya manusianya…
Sumber daya manusia atau karyawan di
organisasi terdiri dari individu yang sangat bervariasi, baik dilihat dari
jabatan maupun lantar belakang pendidikanya. Di samping itu, masalah yang
penting dan sering di abaikan dalam penggunaan waktu kerja terutama di tempat kerja
atau di kantor. Meskipun secara kuantitas jam kerja 8 jam,tetapi sebenarnya
yang efektif digunakan sangat sedikit. Demikian juga penggunaan waktu dikantor
, yang seharusnya digunakan untuk pengembangan diri, pada kenyataannya banyak
menghabiskan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.
Oleh sebab itu, bagai mana setiap karyawan dapat bekerja secara efektif dan mengelola waktu kerja ( time management ) dengan baik,,?
Kita tau bahwa telpon/hape sebagai
alat komunikasi, terkadang-kadang justrus menjadi penghambat pekerjaan. Oleh sebab
itu baik menelepon maupun menerima telepon harus di batasi, dan harus selektif.
Apabila memang terpaksa menelepon atau pun menerima telepon harus langsung
kepokok pembahasannya saja..
Adanya tamu di tempat kerja memang
perlu sebagai hubungan organisasi dengan pihak lain. Namun, tamu-tamu yang
tidak terkait dengan pekerjan, misalnya kawan akrab, dan sebagainya, lebih baik
tidak di terima di kantor, lebih-lebih masih jam pekerjaan. Apabila memang
terpaksa menerima tamu, harus di luar jam kerja atau setelah istrahat jam
kerja.
3.
*Sering
melamun
Apabila mempunyai masalah baik yang
menyangkut pekerjaan dan Asmara, keluarga, jagan di fikirkan berjam-jam di
kantor. Di samping mengganggu pekerjaa itu sendiri.
4.
*Mengobrol
Batasi berbicara dengan kawan sekerja
di ruang kerja dalam jam kerja. Ngobrol di saat jam kerja akan mengganggu
tugas-tugas, baik pekerjaan itu sendri maupun orang lain. Selanjutnya ngobrol
ini dapat berkembang menjadi “ gossip”, dan akhirnya dapat mengganggu hubungan
antara manusia.
5.
*Menunda
pekerjaan
Menunda pekerjaan menyebabkan
pekerjaan tidak efektif, sebaiknya
pekerjaan itu harus di selesaikan pada hari itu juga. Sebab kalau pekerjaan di
tunda-tunda hari esok, maka pekerjaan hari esok akan tertunda pada hari esoknya
dan sampai hari berikutnya.
6. *
Baca
Koran/majalah
Kebiasaan bacakoran atau majalah di
ruang kerja pada jam kerja kurang baik, karena menimbulkan kesan orang yang
bersangkutan tidak efektif dalam menjalankan tugas. Oeleh sebab itu jika memang
harus membutuhkan informasi atau berita dari Koran atau majalah, dapat di
lakukan di luar jam pekerjan. Miasalnya di waktu istrahat.
Hal yang penting untuk diketahui,,,,
PENGEMBANGAN
DIRI BAGI KARYAWAN
Pengembangan diri bagi karyawan di
dalam organisasi semakn meningkat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi. Kemampuan untuk menangani maslah yang terkait dengan tugas dan
pekerjaan di sebuah organisasi. Meningkatkan kemapuan dalam bekrja secara
efekktif, baik itu secara indenpenden, dalam organisasi, bertanggung jawab atas
pekerjaannya, dan memproleh kepuasan dari pekerjaan tersebut. Karyawan harus
memiliki keterampilan-keterampilan “
enterprise” yang terdiri dari:
a.
Manajemen diri sendiri (selfe management)
Keterampilan meliputi tanggung jawab terhadap kehidupan dan
pekerjanaan sendri, dan memahami diri sendri, memahami nilai-nilai diri,
kemapuan, kelemahan dan kekuatan dirinya.
(analisi SWOT).
b.
Belajar (learning)
Belajar adalah proses yang memang harus menerus dalam setiap orang
dan berlangsung sepanjang hidupnya, dan satu proses multi “ faceterd”. Dalam satu organisasi, yang belajar
bukan saja individu-individu/karyawan, tetapi juga organisasinya.
c.
Mencari dan menggunkan informasi (obtaining and using information)
Mencari informasi tentang apa yang di perlukan, dan mengakses
sumber-sumber informasi, dan menganalisis dan menginterpretasikan informasi. Dan
menyajika informasi untuk kepentingan tertentu.
d.
Pengambilan keputusan dan merencanakan (decision making and planning)
Menggunkan proses untuk menjamin nilai dan preferensi yang sesungguh, mempertimbangkan semua alternatif,
menggunkan informasi sepenuhnya, dan
evaluasi pendapatnya sendiri secara
sistematis, dan merencanakan untuk mengimplementasikan keputusasn secara
efektif.
e. Mengenal dan mengevaluasi kesempatan-kesempatan(recognizing and evaluating
opportunities)
Menjadikan kesempatan yang paling baik sebagai kunci untuk
memproleh apa yang diingikan dari kehidupan dan pekerjaan.
f.
Kerja (perfoming)
Pekerjaan harus di lakukan dengan baik dan memuaskan dan akan
menjadi contoh kepada yang lain.
g.
Perubhan (changing)
Menerima perubahan dari luar, dan membantu orang lain untuk
menerima perubahan, dan mengetahui bagaimana membawa perubahan tersebut.
h.
Keterampilan interpersonal (interpersonal skills)
Adaalah
kempuan seseorang untuk melaksanakan tugas secara efektif dengan dan untuk
orang lain.
No comments:
Post a Comment