Thursday, June 23, 2016

Karyawaan harus bekerja secara efektif dan menggelola waktu dengan baik





Kita tau bahwa Keberhasilan di suatu oraganisasi atau instansi di tentukan oleh dua factor, yakni factor sumberdaya manusia ( karyawan atau pegawai ) dan sarana –prasarana . 


Masih ingin tau,,,!!!

Lanjut kebawah…. Kita akan membahas masalah sumber daya manusianya…

Sumber daya manusia atau karyawan di organisasi terdiri dari individu yang sangat bervariasi, baik dilihat dari jabatan maupun lantar belakang pendidikanya. Di samping itu, masalah yang penting dan sering di abaikan dalam penggunaan waktu kerja terutama di tempat kerja atau di kantor. Meskipun secara kuantitas jam kerja 8 jam,tetapi sebenarnya yang efektif digunakan sangat sedikit. Demikian juga penggunaan waktu dikantor , yang seharusnya digunakan untuk pengembangan diri, pada kenyataannya banyak menghabiskan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

Oleh sebab itu, bagai mana setiap karyawan dapat bekerja secara efektif dan mengelola waktu kerja ( time management ) dengan baik,,?


*Batasi telpon dan main hape

Kita tau bahwa telpon/hape sebagai alat komunikasi, terkadang-kadang justrus menjadi penghambat pekerjaan. Oleh sebab itu baik menelepon maupun menerima telepon harus di batasi, dan harus selektif. Apabila memang terpaksa menelepon atau pun menerima telepon harus langsung kepokok pembahasannya saja..

   *Kehadiran tamu

Adanya tamu di tempat kerja memang perlu sebagai hubungan organisasi dengan pihak lain. Namun, tamu-tamu yang tidak terkait dengan pekerjan, misalnya kawan akrab, dan sebagainya, lebih baik tidak di terima di kantor, lebih-lebih masih jam pekerjaan. Apabila memang terpaksa menerima tamu, harus di luar jam kerja atau setelah istrahat jam kerja.

3.    *Sering  melamun
Apabila mempunyai masalah baik yang menyangkut pekerjaan dan Asmara, keluarga, jagan di fikirkan berjam-jam di kantor. Di samping mengganggu pekerjaa itu sendiri.

4.    *Mengobrol
Batasi berbicara dengan kawan sekerja di ruang kerja dalam jam kerja. Ngobrol di saat jam kerja akan mengganggu tugas-tugas, baik pekerjaan itu sendri maupun orang lain. Selanjutnya ngobrol ini dapat berkembang menjadi “ gossip”, dan akhirnya dapat mengganggu hubungan antara manusia.

5.    *Menunda pekerjaan
Menunda pekerjaan menyebabkan pekerjaan tidak efektif,  sebaiknya pekerjaan itu harus di selesaikan pada hari itu juga. Sebab kalau pekerjaan di tunda-tunda hari esok, maka pekerjaan hari esok akan tertunda pada hari esoknya dan sampai hari berikutnya.

6.   * Baca Koran/majalah
Kebiasaan bacakoran atau majalah di ruang kerja pada jam kerja kurang baik, karena menimbulkan kesan orang yang bersangkutan tidak efektif dalam menjalankan tugas. Oeleh sebab itu jika memang harus membutuhkan informasi atau berita dari Koran atau majalah, dapat di lakukan di luar jam pekerjan. Miasalnya di waktu istrahat.   



Hal yang penting untuk diketahui,,,,


   
PENGEMBANGAN DIRI BAGI KARYAWAN


Pengembangan diri bagi karyawan di dalam organisasi semakn meningkat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemampuan untuk menangani maslah yang terkait dengan tugas dan pekerjaan di sebuah organisasi. Meningkatkan kemapuan dalam bekrja secara efekktif, baik itu secara indenpenden, dalam organisasi, bertanggung jawab atas pekerjaannya, dan memproleh kepuasan dari pekerjaan tersebut. Karyawan harus memiliki keterampilan-keterampilan “ enterprise” yang terdiri dari:


a.   Manajemen diri sendiri (selfe management)
Keterampilan meliputi tanggung jawab terhadap kehidupan dan pekerjanaan sendri, dan memahami diri sendri, memahami nilai-nilai diri, kemapuan, kelemahan dan kekuatan dirinya.
(analisi SWOT).

b.    Belajar (learning)
Belajar adalah proses yang memang harus menerus dalam setiap orang dan berlangsung sepanjang hidupnya, dan satu proses multi “ faceterd”. Dalam satu organisasi, yang belajar bukan saja individu-individu/karyawan, tetapi juga organisasinya.

c.   Mencari dan menggunkan informasi (obtaining and using information)
Mencari informasi tentang apa yang di perlukan, dan mengakses sumber-sumber informasi, dan menganalisis dan menginterpretasikan informasi. Dan menyajika informasi untuk kepentingan tertentu.

d.    Pengambilan keputusan dan merencanakan (decision making and planning)
Menggunkan proses untuk menjamin nilai dan preferensi  yang sesungguh, mempertimbangkan semua alternatif, menggunkan informasi  sepenuhnya, dan evaluasi pendapatnya sendiri  secara sistematis, dan merencanakan untuk mengimplementasikan keputusasn secara efektif.

e. Mengenal dan mengevaluasi kesempatan-kesempatan(recognizing and evaluating opportunities)
Menjadikan kesempatan yang paling baik sebagai kunci untuk memproleh apa yang diingikan dari kehidupan dan pekerjaan.

f.     Kerja (perfoming)
Pekerjaan harus di lakukan dengan baik dan memuaskan dan akan menjadi contoh kepada yang lain.

g.    Perubhan (changing)
Menerima perubahan dari luar, dan membantu orang lain untuk menerima perubahan, dan mengetahui bagaimana membawa perubahan tersebut.

h.    Keterampilan interpersonal (interpersonal skills)
Adaalah kempuan seseorang untuk melaksanakan tugas secara efektif dengan dan untuk orang lain.



No comments:

Post a Comment

Diunggulkan

OTONOMI DAERAH

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Indonesia adalah bangsa yang direkayasa dan diciptakan sedemikian rupa oleh sistem ketidak...